LAPORAN PROGRAM RISET PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENDAMPINGAN WARGA DESA CANGKUANG WETAN DALAM PENINGKATAN KESADARAN HUKUM AGRARIA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMI TANAH DESA CANGKUANG WETAN KECAMATAN DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG

AKSINUDDIN, SAIM and WIYONO, SUBELO and SOLEH, YUDI PRIHARTANTO and SUBRATA, RUSLI and NATASHA, KRISTINA and PASHA, NINDI NADYA (2022) LAPORAN PROGRAM RISET PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENDAMPINGAN WARGA DESA CANGKUANG WETAN DALAM PENINGKATAN KESADARAN HUKUM AGRARIA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMI TANAH DESA CANGKUANG WETAN KECAMATAN DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG. Project Report. UNIVERSITAS PASUNDAN, Bandung. (Submitted)

[img]
Preview
Text
LAPORAN2022.pdf - Accepted Version

Download (942kB) | Preview

Abstract

Pemerintah melakukan program-program untuk menyelesaikan persoalan yang terkait dengan banyaknya tanah di Indonesia belum bersertifikat. Sertifikat tanah diperlukan masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum berupa bukti otentik atas kepemilikan tanah tersebut. Program yang dilaksanakan pemerintah secara serentak meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan pemberian tanda bukti untuk bidang tanah yang sudah ada hak di atasnya. Hak tersebut bisa hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan atau hak guna pakai. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diharapkan mampu menyentuh segenap lapisan masyarakat dengan terpenuhinya harapan tercapainya kepastian hukum. PTSL juga memberikan perlindungan hukum terhadap hak atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat yang belum mendaftarkan tanah miliknya dalam suatu wilayah kelurahan/desa mendapatkan kesempatan yang sama untuk terlayani oleh PTSL. Pengabdian ini bertujuan membantu masyarakat mendapatkan hal-hal yang bisa mempercepat program yang dilaksanakan oleh pemerintah terkait dengan PTSL. Para mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum yang terlibat dalam pengabdian ini akan mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan masyarakat sekaligus memberikan manfaat dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama dengan dosen pembimbing. Para dosen akan mendapatkan manfaat mengetahui langsung situasi di lapangan dan memberikan berbagai pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat serta mendapatkan data yang sangat berguna untuk pengembangan keilmuan. Kegiatan yang dilaksanakan ini akan didesain dalam rangkaian kegiatan pengabdian sehingga semua pihak yang terlibat akan masuk di dalam kegiatan nyata yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Desain yang dibuat akan memungkinkan dosen dan mahasiswa melakukan peningkatan kapasitas, seminar, pelatihan dan kegiatan lain yang sejenis dengan memperhatikan perkembangan terbaru dalam lapangan pengabdian. Hal tersebut akan membuat secara menyeluruh kegiatan ini menghasilkan luaran yang bisa dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Kegiatan-kegiatan yang direncanakan juga akan memberikan data-data dalam mendukung pengembangan rancangan/model program pembelajaran berbasis program MBKM. Kata kunci: PTSL, Hukum Agraria, Merdeka Belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:12
Last Modified: 28 Aug 2023 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64824

Actions (login required)

View Item View Item