SYARIFA, PUTRI (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Pada era society 5.0 teknologi sangat berpengaruh pada proses pendidikan sehingga pada proses pembelajaran harus menerapkan pemanfaatan teknologi yang semakin diperbarui. Teknologi pendidikan merupakan suatu sistem yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kolaborasi yang lebih baik antara pendidik, siswa, dan perangkat sekolah, maka dari itu peneliti melakukan penelitian penerapan aplikasi ethno-edugames dalam pembelajaran. Tujuannya untuk mengetahui apakah implementasi aplikasi ethno-edugames dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi konsep animalia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design, Sampel penelitian ini yaitu siswa SMA kelas X sebanyak 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol di salah satu sekolah menengah atas swasta di kota Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdapat tes objektif berupa pre-test dan post-test, dan non-tes berupa kuesioner respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames dan kuesioner hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ethno-edugames dalam pembelajarannya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang pembelajannya secara konvensional, dengan memperoleh nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,41. Berdasarkan kuesioner respon siswa terhadap pembelajaran persentase rata-rata indikator pada pengetahuan materi pembelajaran, ketertarikan siswa, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, dan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta persentase indikator kuesioner terhadap aplikasi ethno-edugames yang meliputi tampilan aplikasi, akses, dan penilaian media pembelajaran memiliki respon yang positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugames dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada konsep animalia. Kata kunci: aplikasi ethno-edugames, hasil belajar siswa, mata pelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Aug 2023 06:19 |
Last Modified: | 26 Aug 2023 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64818 |
Actions (login required)
View Item |