Widy Setyawan, NPM. 108312011 (2016) INTEGRASI SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
Widy Setyawan.docx Download (332kB) |
Abstract
Fakultas Teknik merupakan Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana Cianjur. Saat ini memiliki tiga Program Studi yaitu Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Informatika. Dengan memiliki visi terwujudnya Fakultas yang unggul dalam bidang teknologi dan menghasilkan lulusan yang Profesional, tentunya harus didukung oleh pelayanan yang baik yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Akan tetapi pada kenyataannya layanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik belum memenuhi harapan mahasiswa. Hal ini dikhawatirkan bisa menimbulkan image buruk dan berpengaruh terhadap penerimaan calon mahasiswa. Sehingga perlu adanya perbaikan layanan akademik dari semua stake holder yang terlibat. Ada lima atribut yang perlu diperhatikan oleh manajemen industri jasa yaitu : Reliability (Keandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Langsung), Emphaty (Empati), dan Responsiveness (Daya tanggap). Oleh karena itu perlu adanya metode atau pendekatan yang sesuai agar diperoleh perbaikan yang bisa memuaskan semua pihak. Penelitian ini mengintegrasikan Metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut layanan akademik berdasarkan dimensi Servqual, menentukan nilai gap, serta menetapkan atribut-atribut yang perlu mendapatkan perbaikan. Hubungan dari integrasi kedua metode tersebut yaitu dengan memanfaatkan gap persepsi dan harapan dari mahasiswa hasil pengukuran Servqual menjadi Level of Important pada House of Quality. Atribut-atribut dari hasil pengukuran Servqual tersebut akan digunakan sebagai Voice of Customer untuk mendefinisikan Customer need pada House of Quality. Hasil dari integrasi ketiga metode ini akan tercipta kebutuhan dan keinginan mahasiswa yang lebih terstruktur dan terencana dengan baik, sehingga pada akhirnya nanti dapat tercipta kepuasan bagi mahasiswa dan juga dapat dirasakan manfaatnya oleh manajemen Fakultas Teknik UNSUR. Kata kunci : Servqual, QFD dan House of Quality
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2015 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 15:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 16:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6481 |
Actions (login required)
View Item |