WIDIANTY, 195040078 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN LITERASI DIGITAL SISWA DI SMAN 16 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
Abstract
Memasuki abad ke-21 dan revolusi industri 5.0 secara keseluruhan pada saat ini mengandalkan kemampuan sains dan digital untuk menunjang keberlangsungan manusia kehidupan manusia setiap harinya. Terutama bidang pendidikan ialah salah satu peran utama dalam menunjang kemampuan tersebut, yaitu dengan meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap kemampuan literasi sains dan literasi digital selama pembelajaran di kelas. Namun, dengan adanya hasil perolehan PISA Indonesia pada tahun 2018 ini menunjukkan bahwa Indonesia mengelami penurunan kemampuan literasi sains daripada tahun sebelumnya yaitu 2015. Setelah berakhinya pandemi covid-19 ini juga, pembelajaran yang efektif dan kondusif selama pembelajaran di kelas menjadi sangatlah sulit untuk dibiasakan terutama pada peserta didik kelas X, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dan observasi peneli sebelumnya. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menerapkan model pembembelajaran flipped classroom sebagai model pembelajaran yang sesuai dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi digital siswa di SMAN 16 Bandung. Penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif yaitu dengan desain penelitian one group pretest-posttest dengan melakukan pretest-posttest, angket, dan observasi. Hasil penerapan model pembelajaran ini menunjukkan bahwa, adanya peningkatan kemampuan literasi sains dan literasi digital siswa yang cukup baik setelah menerapkan model pembelajaran flipped classroom. Dengan perolehan n-gain pretest-posttest literasi sains sebesar 0,44 dengan kriteria peningkatan cukup, dengan nilai rata-rata persentase indikator menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 88%, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah 79% dan menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah sebesar 89%. Kemudian perolehan hasil angket kemampuan literasi digital siswa secara keseluruhan dengan nilai persentase 68% dalam kategori cukup, dengan nilai persentase indikator literasi digital pencarian di internet 73%, pandu arah hypertext 64%, evaluasi konten informasi 61%, penyusunan pengetahuan 69%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran flipped classroom ini mampu membantu siswa lebih memahami konsep literasi sains dan juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap literasi digital terutama selama menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kata kunci : Literasi sains, literasi digit, flipped classroom
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64806 |
Actions (login required)
View Item |