EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum, L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera litura) PADA TANAMAN HIAS LILI PUTIH (Lilium longiflorum, L.)

AZZAHRA, ANNISA, 195040048 (2023) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum, L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera litura) PADA TANAMAN HIAS LILI PUTIH (Lilium longiflorum, L.). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Ulat adalah konsumen nomor satu dari piramida makanan ekosistem darat, yang mengkonsumsi tumbuhan dan sejenisnya, hal ini menyebabkan banyak hama ulat menyerang tanaman, salah satunya adalah tanaman hias. Salah satu hama yang menyerang tanaman lili putih adalah ulat grayak, yang menyerang daun tanaman pada masa pembibitan. Pengendalian hama biasanya menggunakan pestisida kimia, tetapi pestisida kimia beresiko merusak lingkungan, kemudian dicari alternatif lain yaitu menggunakan pestisida nabati yang berbahan dari tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum, L.) terhadap mortalitas ulat grayak (Spodoptera litura) sebagai pestisida nabati serta untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum, L.) pada konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% terhadap mortalitas ulat grayak (Spodoptera litura) dan ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum, L.) dikatakan mampu mematikan ulat grayak apabila mencapai LC50. Penelitian ini termasuk eksperimental laboratorium dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) kemudian dianalisis menggunakan Anova (Analysis of variance) adapun populasi yang digunakan adalah 10 hama ulat grayak (Spodoptera litura) setiap perlakuan dan pengulangan, dengan 5 kali perlakuan dan 4 kali pengulangan dengan cara pengamatan langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum, L.) dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk mematikan ulat grayak. Ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum, L.) dengan konsentrasi 50% memiliki tingkat mortalitas paling baik yaitu 80%, sedangkan untuk LC 50% kematian dari jumlah total sampel larva, diperlukan ekstrak tembakau dengan konsentrasi 30%. Hal ini menunjukan bahwa ekstrak daun tembakau efektif dalam membunuh larva ulat grayak (Spodoptera litura). Kata kunci: efektivitas, ekstrak daun tembakau, mortalitas, pestisida nabati, ulat grayak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:26
Last Modified: 24 Aug 2023 01:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64788

Actions (login required)

View Item View Item