PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DAN KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL DOSEN PERGURUAN TINGGI VOKASI PARIWISATA DI JAWA BARAT

Wibowo, Riyanto (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DAN KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL DOSEN PERGURUAN TINGGI VOKASI PARIWISATA DI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
RW_Jurnal Repositori_1.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan tinggi vokasi pariwisata dalam menghadapi tantangan pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Penelitian ini mengintegrasikan faktor-faktor komunikasi interpersonal, kompetensi profesional, komitmen afektif, dan kepuasan kerja dalam upaya meraih perilaku kewargaan organisasional. Metode kuantitatif asosiatif menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Modelling) digunakan dengan melibatkan dosen perguruan tinggi vokasi pariwisata swasta di Jawa Barat sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif dan kepuasan kerja serta perilaku kewargaan organisasional. Rekomendasi hasil penelitian ditujukan kepada pihak manajemen perguruan tinggi vokasi pariwisata swasta dan stakeholders terkait untuk meningkatkan perilaku kewargaan organisasional melalui proses pembelajaran organisasi yang aktif, inklusif, partisipatif, dan kolaboratif. Hasil penelitian juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan konstruk-konstruk baru yang relevan, terutama dalam manajemen sumber daya manusia berbasis pengetahuan, intelektual kapital dan keberlanjutan dalam green management yang mencakup aspek lingkungan dan kontribusi sosial kemasyarakatan. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, kompetensi profesional, komitmen afektif, kepuasan kerja, perilaku kewargaan organisasional.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:32
Last Modified: 23 Aug 2023 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64784

Actions (login required)

View Item View Item