PENGARUH KEBIJAKAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK (Survei Pada Jurusan Akuntansi Kelas XI Di SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

GRANITA, INGGIT, 195020055 (2023) PENGARUH KEBIJAKAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK (Survei Pada Jurusan Akuntansi Kelas XI Di SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta kesiapan kerja bagi peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh dari kebijakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja bagi peserta didik kelas XI jurusan akuntansi di SMK Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 67 orang peserta didik. Hasil penelitian pada rekapitulasi rata rata tanggapan responden terkait pelaksanaan kebijakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di kelas XI jurusan akuntansi di SMK Pasundan 1 Bandung memiliki kriteria yang sangat baik dengan nilai rata-rata 4,42, adapun hasil penelitian pada rekapitulasi rata rata terkait kesiapan kerja kelas XI jurusan akuntansi di SMK Pasundan 1 Bandung memiliki kriteria yang sangat baik dengan nilai rata-rata 4,34. Berdasarkan hasil pengujian data serta analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil dari pengaruh kebijakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja bagi peserta didik XI jurusan akuntansi di SMK Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2022/2023 dengan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 74,5% mencapai kategori kuat. Hasil ini menunjukkan bahwa pengaruh kebijakan PKL terhadap variabel kesiapan kerja memiliki kontribusi sebesar 74,5%, adapun 25,5% merupakan faktor atau variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti tetapi memiliki kontribusi. Saran dari peneliti sebagai akhir dari penelitian untuk sekolah yaitu menetapkan menseleksi lebih ketat terkait penempatan PKL agar sesuai dengan bidang keahlian yaitu akuntansi. Bagi peserta didik yaitu agar memanfaatkan pelaksanaan PKL dengan penuh kesungguhan, sehingga dapat meningkatkan kesiapan kerja. Bagi pihak perusahaan yaitu menghubungi sekolah untuk memperoleh informasi terkait bidang keahlian peserta didik untuk menyesuaikan penempatan posisi di tempat PKL. Kata Kunci: Kebijakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kesiapan Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:14
Last Modified: 23 Aug 2023 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64783

Actions (login required)

View Item View Item