ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN (Studi Kasus di Puskesmas Derwati Kota Bandung)

Sri Nuraini, Arista (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN (Studi Kasus di Puskesmas Derwati Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARISTA SRI NURAINI.doc

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Arista Sri Nuraini MM.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Puskesmas Derwati Bandung yang belum bisa memenuhi target pendapatan dari retribusi karcis pasien umum yang berobat selama dua tahun terakhir dan penurunan jumlah peserta peserta asurasnsi BPJS yang terdaftar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS kesehatan di Puskesmas Derwati Kota Bandung. Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberi masukan kepada Kepala Puskesmas Derwati dan jajarannya dalam menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke Puskesmas Derwati yang akan berpengaruh pada kenaikan jumlah pasien dan pendapatan puskesmas.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Puskesmas Derwati Kota Bandung berdasarkan diagram analisis SWOT terletak pada Kuadran I yaitu strategi agresif, dapat dipilih beberapa alternatif strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yang dapat dilakukan Puskesmas Derwati Kota Bandung berdasarkan diagram analisis SWOT memasarkan produk yang ada kepada pasar yang baru dan mengembangkan produk baru di pasar lama. Kata Kunci : Strategi dan Program Pemasaran, Kunjungan Pasien, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:33
Last Modified: 11 Jan 2024 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64779

Actions (login required)

View Item View Item