IMPLEMENTASI APLIKASI ETNHO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

FADHILAH, SYIFA, 195040011 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETNHO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dalam pengimplementasian aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjaran dengan menggunakan metode Quasi Experiment dan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Pretest dan posttest untuk memperoleh data kuantitatif dan angket respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames sebagai data kualitatif. N-gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,60 sedangkan kelas kontrol memperoleh 0,36. Kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan data tentang indikator penilaian persentase berpikir kreatif siswa. Indikator berpikir lancar pada kelas eksperimen memperoleh skor 74,77% yang termasuk kedalam kategori “baik”, indikator berpikir luas memperoleh skor 77,08%, indikator berpikir orisinal memperoleh skor 73,96%, dan indikator berpikir terperinci memperoleh skor 75,46%. Sedangkan kelas kontrol memperoleh skor indikator berpikir lancar sebesar 66,70%, indikator berpikir luas sebesar 67,36%, indikator berpikir orisinal sebesar 65,97%, indikator berpikir detail sebesar 66,44%. Hasil data angket, mayoritas siswa memiliki respon positif terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames dalam proses belajar. Penelitian ini menunjukkan bagaimana penerapan metode aplikasi ethno-edugames dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi Sistem Reproduksi. Kata kunci: Aplikasi Ethno-edugames; Berpikir Kreatif; Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:19
Last Modified: 23 Aug 2023 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64775

Actions (login required)

View Item View Item