MANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM ONE PESANTREN ONE PRODUCT (OPOP) (Studi Deskriptif Kualitatif pada UPTD P3W Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat)

Dwi Novia, Ghina (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM ONE PESANTREN ONE PRODUCT (OPOP) (Studi Deskriptif Kualitatif pada UPTD P3W Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Tesis-Ghina Dwi Novia-218080002.docx

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Ghina Dwi Novia MIK.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Program One Pesantren One Product (OPOP) merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren. Dalam pengembangannya, program ini melibatkan banyak pihak seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha dan media, sehingga dalam prosesnya dibutuhkan perpaduan konsep komunikasi dan manajemen atau Manajemen Komunikasi agar Program One Pesantren One Product (OPOP) dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses Manajemen Komuniaksi yang dilakukan oleh UPTD P3W Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat pada program One Pesantren One Product (OPOP). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Manajemen Makna Terkoordinasi yang dikemukakan oleh W. Barnett Pearce dan Vernon Cronen (1980) dan menerapkan empat langkah manajemen komunikasi yang digagas oleh Cutlip, Center & Bloom. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Komunikasi program One Pesantren One Product (OPOP) dimulai dengan tahap pendefinisian masalah yakni : Identifikasi kajian Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) periode 2018-2023, Focus Group Discussion (FGD) dan Identifikasi pendataan pesantren di Jawa Barat. Perencanaan Komunikasi dimulai dengan mapping pada pesantren role model, sinergi penthahelix ABCGM, perekrutan dan bimtek pendamping One Pesantren One Product (OPOP), sosialisasi dan publikasi program One Pesantren One Product (OPOP), dan perekrutan tim seleksi dan tim juri. Pelaksanaan komunikasi dimulai dengan Rekrutmen dan pendaftaran online, Audisi tahap I, pelatihan dan magang, pendampingan usaha, Audisi tahap II, Visitasi lapangan, Audisi tahap III, dan temu bisnis dan gelar produk. Tahapan Evaluasi Komunikasi dilakukan dengan melakukan monev atau monitoring evaluasi, melaksanakan kajian kelayakan, dan menyusun laporan akhir tahun kepada Gubernur Jawa Barat. Kata Kunci : Komunikasi, Manajemen Komunikasi, Program One Pesantren One Product (OPOP).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:15
Last Modified: 11 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64773

Actions (login required)

View Item View Item