KIDNEY TRANSPLANTATION AGREEMENT BETWEEN FOREIGN DONOR AND INDONESIAN RECIPIENT ACCORDING TO THE LAW OF THE REPUBLIC OF INDONESIA CONCERNING HEALTH

Ilham Adi Prasetyo, Geta (2023) KIDNEY TRANSPLANTATION AGREEMENT BETWEEN FOREIGN DONOR AND INDONESIAN RECIPIENT ACCORDING TO THE LAW OF THE REPUBLIC OF INDONESIA CONCERNING HEALTH. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Geta Ilham A.P._218100002_M.Kn..pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Kesepakatan antara donor asing dan penerima Indonesia yang membutuhkan "ginjal" atau organ lain untuk transplantasi organ manusia adalah kesepakatan pribadi antara para pihak. Hal ini karena perjanjian terapeutik dan peraturan perundang-undangan terkait kesehatan tidak mengatur hubungan yang melibatkan perjanjian pribadi antara donor dan penerima. Ada sebuah artikel dimana seseorang mendonorkan ginjalnya kepada seorang penerima yang membutuhkan dan menerima sejumlah uang sebagai bentuk rasa terima kasih. Tindakan yang dilakukan oleh donatur dalam kasus tersebut melanggar nilai-nilai kemanusiaan yang disyaratkan dalam undang-undang kesehatan tetapi tidak melanggar undang-undang. Hal ini membuktikan bahwa peraturan Indonesia belum memiliki aturan mengenai transplantasi organ oleh donor hidup di luar kekerabatan dan belum ada perlindungan hukum bagi donor. Kata kunci: Perjanjian, Organ, Donor, Penerima.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Kenotariatan 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:37
Last Modified: 19 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64738

Actions (login required)

View Item View Item