PENGARUH MEDIA BUKU ENSIKLOPEDIA IPTEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA BERBANTUAN MODEL AKTUALISASI KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI CIKONENG

PUTRI, SYIFA HERMAWATI, 195060107 (2023) PENGARUH MEDIA BUKU ENSIKLOPEDIA IPTEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA BERBANTUAN MODEL AKTUALISASI KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI CIKONENG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat membaca menurut hasil riset World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh John W. Miller pada 16 Maret 2016. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian dengan wali kelas V SD Negeri Cikoneng, siswa sulit belajar literasi karena harus membaca pelan-pelan, kurangnya minat pada buku selain Tematik, dan belum adanya motivasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan, pengaruh, dan peningkatan Buku Ensiklopedia Iptek dalam meningkatkan Literasi Membaca Siswa berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan di SD Negeri Cikoneng. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperiment dan tipe non – equivalent control group design dengan objek penelitiannya adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 SD Negeri Cikoneng. Populasi penelitian yaitu 25 siswa laki-laki dan 31 siswa perempuan dan sampel penelitian adalah 26 orang siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dengan 12 laki-laki dan 14 perempuan dan 30 orang siswa kelas B sebagai kelas kontrol dengan 13 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pada penerapan Media Buku Ensiklopedia Iptek untuk meningkatkan Literasi Membaca Siswa berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan di SD Negeri Cikoneng, siswa mampu membaca buku ensiklopedia Iptek. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata – rata nilai posttest kelas eksperimen 65,65. Hasil penelitian selajutnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Buku Ensiklopedia Iptek untuk meningkatkan Literasi Membaca Siswa berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil skor uji Mann Whitney U sebesar 0,195. Kemudian hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sedang terhadap Literasi Membaca Siswa terhadap Buku Ensiklopedia Iptek berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan. Hal ini dibuktikan dengan uji N-Gain sebesar 0,62342440 atau 62% peningkatannya pada kelas eksperimen dan uji Effect Size menghasilkan nilai 0,244044919 yang masuk kategori sedang. Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan Buku Ensiklopedia Iptek berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan terhadap meningkatnya Literasi Membaca Siswa. Melalui Buku Ensiklopedia Iptek, siswa dapat mengaplikasikan dan memperdalam pemahaman terhadap materi yang dipelajari dan merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SD Negeri Cikoneng. Kata kunci: buku, ensiklopedia, kepramukaan, literasi, siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:52
Last Modified: 19 Aug 2023 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64731

Actions (login required)

View Item View Item