RAMADHANY , ARISTANIA NURHARI SUCI, 195060110 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini ialah di era sekarang, berpikir kritis sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, namun kenyataan dilapangan sangat berbeda. Kurang nya kemampuan berpikir kritis siswa, disebabkan juga karena kurangnya penerapan dan pembiasaan yang diterapkan dalam pembelajaran. Metode pengajaran konvensional atau yang berpusat hanya pada guru dapat mengubah siswa menjadi penerima informasi yang pasif, yang menurunkan kapasitas mereka untuk berpikir kritis. Saat ini, proses belajar mengajar di kelas mengalami kesulitan, termasuk kurangnya siswa yang aktif dan ini mampu mempengaruhi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional (kelas kontrol) dengan kelas yang diberikan perlakuan penggunaan model Problem Based Learning (kelas eksperimen) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini bisa dilihat dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Berpikir kritis, model Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:32 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64725 |
Actions (login required)
View Item |