PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA SISWA SMA

AL-RASYID , ABDULLAH FAUZI, 195050018 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena mampu membantu mereka menangani berbagai masalah matematika. Namun, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah. Self-efficacy dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui apakah selfefficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz; (4) Mengetahui apakah model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMA Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak dua kelas, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Instrumen tes kemampuan diberikan saat pre-test dan post-test, sedangkan angket self-efficacy diberikan saat post-test. Data yang terkumpul dari hasil pre-test, post-test dan angket kemudian diolah menggunakan bantuan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. (4) Model Discovery Learning berbantuan aplikasi quizizz efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dan berada dalam kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, dan Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:05
Last Modified: 16 Aug 2023 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64710

Actions (login required)

View Item View Item