AL-RASYID , ABDULLAH FAUZI, 195050018 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena mampu membantu mereka menangani berbagai masalah matematika. Namun, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah. Self-efficacy dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui apakah selfefficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz; (4) Mengetahui apakah model Discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMA Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak dua kelas, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Instrumen tes kemampuan diberikan saat pre-test dan post-test, sedangkan angket self-efficacy diberikan saat post-test. Data yang terkumpul dari hasil pre-test, post-test dan angket kemudian diolah menggunakan bantuan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. (4) Model Discovery Learning berbantuan aplikasi quizizz efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dan berada dalam kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, dan Quizizz.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64710 |
Actions (login required)
View Item |