PUTRI, GITA ANANDA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot lebih baik dari pada kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot. (4) Mengetahui pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitian terdiri atas dua kelas. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model konvensional. (2) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot. (4) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Kahoot efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, kemandirian belajar, model pembelajaran berbasis masalah, Kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64703 |
Actions (login required)
View Item |