Wibawa, Tiaradipta Putri, 195050041 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel hasil review Tiaradipta(195050041).pdf Download (711kB) | Preview |
Abstract
Salah satu hal yang penting dalam belajar matematika adalah kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibantu dengan afektif yang baik salah satunya Self-Concept. Namun, siswa masih kurang dalam memahami konsep dan konsep diri mereka sendiri. Salah satu alasannya adalah siswa lebih sering menjadi pendengar. Model Problem based learning dengan bantuan Geogebra adalah metode pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematis dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional; 2) Siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra memiliki pemahaman konsep diri yang lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional 3) Memahami korelasi antara model pembelajaran berbantuan Geogebra dengan kemampuan pemahaman konsep matematika dan konsep diri siswa SMP. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandung. Sasaran dan sampel penelitian diambil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes yang mengukur kemampuan memahami konsep matematika dalam bentuk deskriptif, dan instrumen non tes berupa angket konsep diri. Hasil analisis data hasil penelitian menghasilkan kesimpulan berikut1) Siswa yang menggunakan model pembelajaran masalah berbantuan Geogebra meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika lebih baik daripada siswa yang belajar model ekspositori; 2) Konsep diri siswa yang menggunakan model pembelajaran masalah berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model ekspositori;3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, konsep diri dan model pembelajaran masalah berbantuan geogebra .Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Self-Concept, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 04:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64666 |
Actions (login required)
View Item |