STRATEGI POLA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERANGKAT DESA (Studi Kasus: Pemerintahan Desa Majasari, Pemerintahan Desa Lombang, Pemerintahan Desa Limbangan di Kabupaten Indramayu) VILLAGE HEAD LEADERSHIP PATTERN STRATEGIES IN ATTEMPS TO IMPROVE THE PERFORMANCE OF VILLAGE APPARATUS (Case Study: Majasari Village Government, Lombang Village Government, Limbangan Village Government in Indramayu Regency)

Mr, Somadi (2023) STRATEGI POLA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERANGKAT DESA (Studi Kasus: Pemerintahan Desa Majasari, Pemerintahan Desa Lombang, Pemerintahan Desa Limbangan di Kabupaten Indramayu) VILLAGE HEAD LEADERSHIP PATTERN STRATEGIES IN ATTEMPS TO IMPROVE THE PERFORMANCE OF VILLAGE APPARATUS (Case Study: Majasari Village Government, Lombang Village Government, Limbangan Village Government in Indramayu Regency). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Naskah Artikel Jurnal Disertasi Somadi Doktor Ilmu Manajemen Unv. Pasundan.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengkaji pola kepemimpinan kepala desa, kinerja perangkat desa, faktor-faktor kendala yang dapat menghambat penerapan kepemimpinan kepala desa, dan strategi efektivitas kepemimpinan kepala desa di desa maju, desa berkembang, dan desa tertinggal. Penelitian dilakukan dalam kerangka metode kualitatif dengan studi kasus ganda. Unit analisis pada penelitian ini yakni Pemerintahan Desa Majasari sebagai desa maju, Pemerintahan Desa Lombang sebagai desa berkembang dan Pemerintahan Desa Limbangan sebagai desa tertinggal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis triangulasi, dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Wawancara dengan informan dibantu kuesioner yang bersifat terbuka. Member check dalam penelitian ini di antaranya masyarakat, perangkat desa, lembaga desa, kepala desa, ketua badan permusyawaratan desa, camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indramayu, praktisi, dan akademisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepemimpinan kepala desa pada desa maju memiliki ciri yang kuat dalam menerapkan kepemimpinan visioner, kepala desa pada desa berkembang memiliki ciri yang kuat dalam menerapkan kepemimpinan transformasional, dan kepala desa pada desa tertinggal memiliki ciri yang kuat dalam menerapkan kepemimpinan transaksional. Lebih jauh, kinerja perangkat desa pada desa maju telah optimal, kinerja perangkat desa pada desa berkembang cukup optimal, dan kinerja perangkat desa pada desa tertinggal kurang optimal dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Sebaliknya, kendala yang dihadapi dalam penerapan pola kepemimpinan kepala desa pada desa maju adalah kendala administrasi, pada desa berkembang yaitu kendala teknis, dan pada desa tertinggal yakni kendala teknis dan kendala administrasi. Adapun grand strategi efektivitas kepemimpinan kepala desa yang seharusnya diimplementasikan pada desa maju adalah strategi agresif, pada desa berkembang yaitu strategi turn around, dan pada desa tertinggal yaitu strategi defensif. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Desa, Kinerja Perangkat Desa, Kendala Penerapan Kepemimpinan Kepala Desa, Strategi Efektivitas Kepemimpinan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:12
Last Modified: 11 Aug 2023 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64659

Actions (login required)

View Item View Item