PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI TOONTASTIC 3D PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 35 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Otaria, Sherina, 195030085 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI TOONTASTIC 3D PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 35 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemilihan media pembelajaran yang kurang inovatif khususnya dalam pembelajaran menulis teks persuasif sehingga peserta didik merasa bosan dan sulit dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran menulis teks persuasif berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi toontastic 3D pada peserta didik kelas VIII SMPN 35 Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan true experimental pretest-pottest control grup design. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII C dan VIII D SMPN 35 Bandung yang masing-masing berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, 2) uji hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 yang meliputi uji wilcoxon signed rank, dan uji mann whitney. Dari data yang diperoleh tersebut maka media pembelajaran berbantuan aplikasi toontastic 3D efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif kelas VIII SMPN 35 Bandung tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu, 92,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 86,2. Hasil perhitungan yang telah penulis lakukan dengan hasil analisis uji mann whitney. Pada uji tersebut diketahui bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai mean rank sebesar 25,98 dan nilai sum of rank sebesar 545,50. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai mean rank sebesar 17,02 dan nilai sum of rank sebesar 357,50 dengan total hasil keseluruhan dari uji mann whitney yaitu, 0,03, < 0,05. Kata kunci : Pembelajaran menulis teks persuasif, media pembelajaran toontastic 3D

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:10
Last Modified: 11 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64656

Actions (login required)

View Item View Item