PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 BANDUNG

Nurrika, Nurrika (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Nurrika.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (INDONESIA, INGGRIS, SUNDA).pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kebahasaan teks fantasi dengan menggunakan metode Image Streaming pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung; (2) kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menulis teks fantasi sebelum menggunakan metode Image Streaming pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung; (3) keefektifan kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan metode Image Streaming pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode Image Streaming dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes menulis teks fantasi. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 25.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks fantasi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan menggunakan metode Image Streaming pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung; (2) peserta didik SMP Negeri 40 Bandung mampu menulis teks fantasi dengan isi, struktur, dan kebahasaan menggunakan metode Image Streaming; (3) terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks fantasi antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Image Streaming dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung. Kata Kunci: Metode Image Streaming, Pembelajaran Menulis Teks Fantasi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:00
Last Modified: 11 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64654

Actions (login required)

View Item View Item