PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA SMK

INGGOESTI, EMELLIA GIANTBECHTIE, 195050017 (2023) PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Emellia Giantbechtie Inggoesti..pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurang efektifnya kegiatan pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan optimal. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model problem-based learning berbantuan wordwall. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) mengetahui Self-efficacy siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvesional; 3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memperoleh model Problem-based learning dengan berbantuan wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan berbantuan wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan berbantuan wordwall. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Problem-Based Learning (PBL), dan Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:59
Last Modified: 10 Aug 2023 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64642

Actions (login required)

View Item View Item