IMPLEMENTASI ASAS SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) IMPLEMENTATION OF SIMPLE, FAST AND LOW-COST PRINCIPLES IN RESOLVING INDUSTRIAL RELATIONS DISPUTES IN THE INDUSTRIAL RELATIONS COURT (PHI)

Ayu Mustikawati, Ida (2023) IMPLEMENTASI ASAS SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) IMPLEMENTATION OF SIMPLE, FAST AND LOW-COST PRINCIPLES IN RESOLVING INDUSTRIAL RELATIONS DISPUTES IN THE INDUSTRIAL RELATIONS COURT (PHI). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel ida ayu mustikawati.doc

Download (622kB)

Abstract

Perselisihan hubungan industrial yang diselesaikan melalui Pengadilan Hubungan Industrial menempatkan pekerja/buruh berhadapan dengan pengusaha dan mendasarkan hukum formalnya pada ketentuan Pasal 57 UU No. 2/2004 yang pada pokoknya menggunakan hukum acara perdata kecuali yang diatur khusus. Penerapan Asas Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan dalam mewujudkan kepastian hukum dan keadilan dalam hukum acara pada penyelesaian perselisihan hubungan industrial guna mewujudkan peradilan yang Cepat, Tepat, Adil dan Murah pada pengadilan Hubungan Industrial belum berjalan optimal. Eksistensi PHI menimbulkan masalah, baik kemampuan pengetahuan pekerja/buruh tentang hukum formil maupun hukum ketenagakerjaan materil, proses lama, dan substansi hukum belum memadai. Dalam pelaksanaanya sering dikesampingkan oleh para pihak juga oleh Hakim sepanjang hal tersebut demi kepentingan para pihak. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan didasarkan pada pengkajian hukum positif, yaitu UU No. 2 Tahun 2004. Pendekatan yang digunakan adalah perundang-undangan untuk mengkaji asas-asas peradilan. Hasil tinjauan ini mengidentifikasi beberapa kelemahan, baik dari segi struktur hukum dan substansi, dan upaya untuk mengatasinya. Kata Kunci: Pengadikan Hubugan Industrial, Sederhana Cepat Biaya Ringan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:42
Last Modified: 08 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64629

Actions (login required)

View Item View Item