PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi kasus Pada Dispsiad Bandung)

BAHROMAN, BANGBANG (2023) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi kasus Pada Dispsiad Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
BANGBANG BAHROMAN_MM.docx

Download (164kB)

Abstract

Komitmen afektif adalah variabel yang menjembatani kompetensi pegawai dan kompensasi untuk meningkatkan kinerja pegawai yang optimal. Fakta di lapangan menunjukkan kompetensi pegawai dan kompensasi belum dapat membentuk komitmen afektif yang baik. Hal ini berimbas kepada kinerja pegawai yang belum mampu memenuhi harapan organisasi. Penelitian ini menggunakan desian survei korelasional yang menghubungkan satu variabel dengan variabel yang lain dengan pendekatan penelitian kualititatif. Secara statistik penelitian ini berupaya untuk menggambarkan persepsi responden (anggota Dispsiad Bandung) terhadap kompetensi, kompensasi, komitmen afektif, dan kinerja di Dispsiad Bandung dan selanjutnya mencari korelasi untuk mengetahui hubungan sebab akibat. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur. Hasil yang diperoleh adalah: (1) kompetensi pegawai mempunyai pengaruh signifikan terhadap komitmen afektif pegawai dengan total kontribusi sebesar 18,55%, (2) kompensasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap komitmen afektif pegawai dengan total kontribusi sebesar 50,55%, (3) kompetensi pegawai dan kompensasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap komitmen afektif dengan kontribusi sebesar 65,93%, dan (4) komitmen afektif pegawai mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan kontribusi sebesar 67,57. Kata kunci:Kompetensi, Kompensasi, Komitmen, dan Kinerja

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:45
Last Modified: 07 Aug 2023 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64581

Actions (login required)

View Item View Item