FATHURAHMAN, IMAM (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen Semu di SMA Negeri 5 Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh motivasi belajar peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kegiatan pembelajaran dilakukan secara berkelompok untuk berdiskusi sehingga dapat menyelesaikan suatu persoalan yang didapatkan oleh masing-masing anggota kelompok. Metode yang digunakan yakni eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan yakni peserta didik kelas X IPS 3 dan X IPS 4 SMA Negeri 5 Cimahi dengan menggunakan teknik sampel Nonequivalent control group design. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kusioner, pretest-posttest, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada kegiatan pembelajaran PPKn memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa t hitung = 9,595 > t tabel 2,03224 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Melalui uji koefisien determinasi (R Square) diketahui bahwasanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar variabel bebas (Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together) terhadap variabel terikat (Motivasi belajar peserta didik) yakni dengan R Square sebesar 0,730 x 100 = 73%. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Motivasi belajar peserta didik, Mata Pelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 06:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64571 |
Actions (login required)
View Item |