PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen Semu di SMA Negeri 5 Cimahi)

FATHURAHMAN, IMAM (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen Semu di SMA Negeri 5 Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh motivasi belajar peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kegiatan pembelajaran dilakukan secara berkelompok untuk berdiskusi sehingga dapat menyelesaikan suatu persoalan yang didapatkan oleh masing-masing anggota kelompok. Metode yang digunakan yakni eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan yakni peserta didik kelas X IPS 3 dan X IPS 4 SMA Negeri 5 Cimahi dengan menggunakan teknik sampel Nonequivalent control group design. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kusioner, pretest-posttest, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada kegiatan pembelajaran PPKn memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa t hitung = 9,595 > t tabel 2,03224 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Melalui uji koefisien determinasi (R Square) diketahui bahwasanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar variabel bebas (Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together) terhadap variabel terikat (Motivasi belajar peserta didik) yakni dengan R Square sebesar 0,730 x 100 = 73%. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Motivasi belajar peserta didik, Mata Pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 06:15
Last Modified: 05 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64571

Actions (login required)

View Item View Item