PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA MTS

Maharani, Riska Utami Dewi, 195050040 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA MTS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal Riska Utami Dewi Maharani_195050040.pdf

Download (825kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis termasuk ke dalam salah satu dari lima kemampuan standar proses yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, Self-Confidence merupakan sikap yang penting yang harus dimiliki oleh siswa karena seorang siswa harus memiliki kepercayaan terhadap kemampuan yang dimilikinya sehingga mampu memecahkan suatu permasalahan. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self-confidence adalah model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) Mengetahui apakah Selfconfidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan media Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa MTs yang memperoleh model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Syariful Anwar Kabupaten Cianjur tahun ajaran 2022-2023 dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih menurut pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 62 siswa, diantaranya 31 siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes berupa angket Self-confidence. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) SelfConfidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Confidence, Model Problem Based Learning, dan Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:31
Last Modified: 05 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64567

Actions (login required)

View Item View Item