PEMANFAATAN TEKNOLOGI DRONE UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH (Studi Kasus Di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat)

Salsabilla, Mitha Nur, 195010026 (2023) PEMANFAATAN TEKNOLOGI DRONE UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH (Studi Kasus Di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Program teknologi drone di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat merupakan suatu inovasi menggunakan teknologi drone sebagai media untuk memantau dan megetahui lebih luas titik pelanggaran masyarakat dalam membuang sampah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek yang diambil yaitu masyarakat Sudirman Jakarta Pusat sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kesadaran hukum masyarakat Sudirman Jakarta Pusat dalam membuang sampah sudah cukup baik. Namun, di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat ini rata-rata masyarakat yang berasal dari daerah penyanggah justru kesadaran hukum yang rendah dan menyebabkan membuang sampah sembarangan yaitu masyarakat dari daerah penyanggah. (2) Pelaksanaan program teknologi drone di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat merupakan suatu inovasi menggunakan media teknologi drone untuk memantau masyarakat yang melanggar membuang sampah sembarangan dan melihat titik pelanggaran lebih luas. (3) Kendala pelaksanaan program teknologi drone di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat yaitu terbatasnya waktu drone saat digunakan hanya bertahan 45 menit, tidak boleh terbang sembarangan di zona tertentu, drone hanya boleh terbang ideal radius 60 meter tinggi lintas kanan kiri depan belakang dan drone tidak bisa diterbangkan saat hujan turun. (4) Upaya mengatasi kendala program teknologi drone di Wilayah Sudirman Jakarta Pusat yaitu bisa menggunakan media Closed Circuit Television (CCTV) untuk memantau masyarakat yang melakukan pelanggaran membuang sampah sembarangan, dengan menggunakan CCTV lebih efisien karena terhubung menggunakan aliran listrik. Kata Kunci : Drone, Kesadaran Hukum, Membuang sampah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:02
Last Modified: 04 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64561

Actions (login required)

View Item View Item