PERANAN KARANG TARUNA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA MENUJU CIVIL SOCIETY (Studi Kasus Di Desa Bongkok Kabupaten Sumedang)

NURVADILAH, IVA, 195010020 (2023) PERANAN KARANG TARUNA DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA MENUJU CIVIL SOCIETY (Studi Kasus Di Desa Bongkok Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui peranan karang taruna dalam pembangunan masyarakat desa menuju civil society. Penelitian ini berpokus kepada karang taruna yaitu organisasi sosial kemasyarakatan kepemudaan yang merupakan salah satu wadah maupun sarana untuk menciptakan dan mengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat terutama bergerak dibidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial (Laroza, 2019, hlm. 16). dan konsep civil society Latif dalam (Efendi, 2018, hlm. 12) yaitu sebagai kekuatan individu atau masyarakat yang memiliki kemandirian dan control terhadap negara serta adanya ruang publik yang bebas untuk memperjuangkan kepentingan publik. Adapun Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara mandalam dari penelitian, dengan informan penelitian yang terdiri dari aparatur Desa Bongkok, pengurus karang taruna dan masyarakat Desa Bongkok. Penelitian ini menegaskan bahwasanya masyarakat di desa bongkok sudah menerapkan konsep civil society didalam kehidupan sehari-hari dan prakteknya sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat tapi awam terhadap istilah civil society saja. Penelitian ini juga menegaskan bahwa karang taruna dalam prakteknya memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui program karang taruna menuju civil society. Oleh karenanya untuk dapat mewujudkan civil society diperlukan kemampuan kerjasama yang baik antara karang taruna, pemerintah desa dan masyarakat. Kata Kunci: Civil Society, Karang Taruna, Pembangunan Desa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:34
Last Modified: 04 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64558

Actions (login required)

View Item View Item