PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM WARUNG PEMPEK ELFIRA DI MARGAHAYU RAYA KOTA BANDUNG

Frelinchia, Zachra (2023) PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM WARUNG PEMPEK ELFIRA DI MARGAHAYU RAYA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -ABSTRAK-.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -DAFTAR PUSTAKA-.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -BAB 2-.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -BAB 1-.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -DAFTAR ISI-.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -COVER-.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -LEMBAR PENGESAHAN-.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zachra Frelinchia 192040070 -KATA PENGANTAR-.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

UMKM Warung Pempek ELfira adalah sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak dibidang F&B (Food and Beverage) yang menjual cemilan olahan ikan khas Kota Palembang, beralamatkan di Margahayu Raya (Indomaret) Jalan Venus Raya No. 29. UMKM ini telah berdiri sejak Tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat permasalah yang terjadi dalam kegiatan usaha ini yang dimana berkurangnya minat beli konsumen sehingga menyebabkan penurun minat transaksional. Permasalahan tersebut diduga disebabkan karena lokasi usaha yang kurang memadai dan keterbatasannya lahan parkir. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lokasi usaha terhadap minat beli konsumen pada UMKM Warung Pempek ELfira. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan juga penyebaran angket (kuesioner) yang diberikan kepada konsumen UMKM Warung Pempek ELfira dengan jumlah 30 responden yang menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus waktu. Untuk analisis data menggunakan uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, regresi linear sederhana, korelasi koefisien reak spearman, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan mengenai Lokasi Usaha terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Warung Pempek ELfira berada dalam kategori cukup kuat, karena apabila lebih ditingkatkan secara optimal, maka minat beli konsumen pada UMKM Warung Pempek ELfira pun terbentuk dengan baik. Dengan begitu hasil dalam penelitian ini menunjukkan secara korelasi besarnya variabel X (Lokasi Usaha) terhadap variabel Y (Minat Beli Konsumen) adalah sebesar 61% pengaruhnya, lalu sisanya sebesar 39% diberikan oleh epsilon atau faktor-faktor lain diluar penelitian seperti kualitas pelayanan, citra merek (brand image) dan lainnya. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan sebaiknya meningkatkan fasilitas seperti meja dan kursi tambahan agara para konsumen dapat makan secara langsung ditempat dengan nyaman, selain itu, sebaiknya UMKM Warung Pempek ELfira perlu memaksimalkan lahan parkir yang lebih memadai agar para konsumen yang membawa kendaraan roda empat tidak kesulitan pada saat berkunjung ke UMKM Warung Pempek ELfira. Kata Kunci: Lokasi Usaha dan Minat Beli Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:29
Last Modified: 04 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64557

Actions (login required)

View Item View Item