NURHAYATI, ANISA MEILA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN ANDIR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (705kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (359kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini masih terdapat banyak sekolah yang tertinggal jauh dalam penerapan pembelajaran inovatif, terkadang guru masih mengandalkan cara belajar yang pasif, dan media yang digunakan pun masih sederhana. Hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan guru hanya terpaku dengan buku sebagai sumber utama, tidak menggunakan model ataupun media yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Andir yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test dan uji paired sample t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi powtoon. Kata Kunci : Pembelajaran inovatif, hasil belajar siswa, model problem based learning, aplikasi powtoon.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64551 |
Actions (login required)
View Item |