SA’ADAH, SITI NUR (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ SISWA MTs. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER DEPAN.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGHESAHAAN.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan berdasarkan tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Proses pembelajaran matematika saat ini cenderung kurang melibatkan keaktifan siswa dalam kelas. Hal tersebut dipandang menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui selfregulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Ciamis sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa 7 soal berbentuk uraian dan angket self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan selfregulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Self-Regulated Learning, Discovery Learning, Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64549 |
Actions (login required)
View Item |