ASPEK PERLINDUNGAN HUKUM JASA (PENUMPANG) TRANSPORTASI ONLINE BERBASIS APLIKASI DI TINJAU MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG ANGKUTAN JALAN

Mohamad Nazib Sakib, 191000335 (2023) ASPEK PERLINDUNGAN HUKUM JASA (PENUMPANG) TRANSPORTASI ONLINE BERBASIS APLIKASI DI TINJAU MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG ANGKUTAN JALAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Setiap kecelakaan transportasi darat selalu menimbulkan kerugian bagi penumpang baik moril maupun materill yang tentu saja melahirkan permasalahan hukum yang berkepanjangan, khususnya berkenaan dengan tanggung jawab hukum perusahaan penyedia jasa transportasi darat online atau pengangkut (carrier) terhadap penumpang dan pemilik barang baik sebagai para pihak dalam perjanjian pengangkutan maupun sebagai konsumen dalam hal terjadi kecelakaan transportasi. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana aturan-aturan hukum jasa pengangkutan darat online berbasis aplikasi, bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa (penumpang) pengangkutan darat online berbasis aplikasi dan bentuk ganti rugi yang diberikan bagi pengguna jasa (penumpang) pengangkutan darat online berbasis aplikasi dalam hal terjadi kecelakaan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam menyusun skripsi ini adalah jenis penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif yaitu metode atau cara meneliti bahan pustaka yang ada. Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yakni suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Metode pendekatan yang digunakan penelitian normatif ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengerti dan memahami gejala yang di teliti. Kesimpulan dari skripsi ini adalah, aturan-aturan hukum jasa pengangkutan darat online berbasis aplikasi diantaranya berkaitan dengan izin, perusahaan aplikasi jasa pengangkutan darat online tidak memiliki izin usaha dibidang transportasi, melainkan mengantongi surat izin usaha perdagangan, ketentuan dalam undangundang mewajibkan pelaku usaha yang memperdagangkan barang dan/atau jasa dengan menggunakan sistem elektronik untuk menyediakan data dan/atau informasi secara lengkap dan benar. Pemerintah dalam rangka mewujudkan perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa angkutan umum, khusunya terhadap pengguna jasa (penumpang) pengangkutan darat online berbasis aplikasi dimana bentuk perlindungan hukum berupa perlindungan hukum melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan perlindungan hukum melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.Bentuk ganti rugi yang diberikan bagi pengguna jasa (penumpang) pengangkutan darat online berbasis aplikasi dalam hal terjadi kecelakaan adalah mendapat ganti kerugian. Ketentuan hukum mengenai ganti kerugian yang terdapat dalam undang-undang terhadap kecelakaan pengangkutan dijelaskan bahwa perusahaan angkutan umum wajib mengganti kerugian yang diderita oleh penumpang atau pengirim barang karena lalai dalam melaksanakan pelayanan angkutan. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pengguna Jasa, Transportasi Online.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:30
Last Modified: 01 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64492

Actions (login required)

View Item View Item