PEMBENTUKAN WARGA NEGARA EKOLOGIS MELALUI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Kasus di Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung)

PINAKESTI, ANGESTIYA, 195010039 (2023) PEMBENTUKAN WARGA NEGARA EKOLOGIS MELALUI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Kasus di Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hubungan perilaku masyarakat dengan krisis ekologi yang dapat menjadi salah satu contoh kurangnya kesadaran warga negara terhadap lingkungan itu ditunjukkan dengan lingkungan yang kotor, dan tidak sehat. Setiap warga negara bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan hidup yang baik dan sehat dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Dalam konsep warga negara ekologis menegaskan manusia jangan mengambil keuntungan dari lingkungan untuk kebutuhan hidup dalam waktu singkat saja, namun juga lingkungan harus dilindungi dan dilestarikan demi kelangsungan hidup dalam waktu yang panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Desa Dayeuhkolot sebagai pembentukan warga negara ekologis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu masyarakat yang bertempat tinggal di Desa Dayeuhkolot. Hasil penelitian menunjukan: (1) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan terdapat sebagian masyarakat yang sudah berpartisipasi walaupun terdapat kendala dan masih ada sebagian masyarakat yang masih belum berpartisipasi. (2) Kendala yang dihadapi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yaitu bencana banjir yang merusak tanaman warga, selokan yang dangkal serta terdapat sampah, masih ada sampah yang dibuang sembarangan dan masih terdapat warga yang kesadaran lingkungannya rendah. (3) Dalam mengatasi kendala yaitu mengganti tanaman warga dengan tanaman yang tahan banjir, sampah-sampah yang ada di selokan harus dibersihkan dan selokan harus dikeruk agar tidak dangkal, menyediakan tempat sampah disekitar wilayah Dayeuhkolot, dibuat peraturan yang berisi sanksi dan diberikan motivasi atau pengetahuan lingkungan agar warga tergerak untuk berpartisipasi. Kata Kunci: Lingkungan, Partisipasi, Warga Negara Ekologis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:06
Last Modified: 31 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64456

Actions (login required)

View Item View Item