ANALISIS PENERAPAN METODE ALTMAN Z-SCORE DALAM MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN (Pada PT. Indofarma (Persero) Tbk Periode Tahun 2020-2022)

Rahmawati, Ani (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE ALTMAN Z-SCORE DALAM MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN (Pada PT. Indofarma (Persero) Tbk Periode Tahun 2020-2022). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

PT. Indofarma (Persero) Tbk adalah perusahaan yang termasuk dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang farmasi dan obat￾obatan. Berdasarkan dari hasil penelitian pada laporan keuangan selama tiga tahun. Berdasarkan dari hasil penjajakan terhadap perusahaan, diketahui bahwa PT. Indofarma (Persero) Tbk mengalami kerugian dalam dua tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan adanya perolehan laba bersih yang bernilai negatif pada sua tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Z-Score PT. Indofarma Tbk pada periode tahun 2020-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan metode Atlman Z-Score. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan model Altman Z-Score Asli, maka hasil yang diperoleh menunjukan bahwa PT. Indofarma (Persero) Tbk periode tahun 2020-2021 berada pada zona aman dengan nilai Z –Score masing masing sebesar 8,88 dan 4,56. Sedangkan pada tahun 2022 perusahaan berada pada kategori “Bangkrut”. Ini menandakan kondisi tinggi resiko kebangkrutan diamana perusahaan tidak bisa mengelola dan menjaga kestabilan kinerja keuangan karena Z < 1,81 dengan score sebesar 0,53. Faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan nilai Z-Score pada PT. Inofarma Tbk periode tahun 2020-2022 terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal meliputi krisis energi global, kelangkaan pangan, dan tekanan inflasi. Sedangkan faktor internal perusahaan meliputi modal kerja negatif, ketidakseimbangan hutang dan ekuitas, kenaikan biaya tenaga kerja yang mempengaruhi HPP, serta program restrukturisasi. Saran yang dapat penelliti berikan adalah pihak perseroan perlu mengelola modal kerja dan mengendalikan biaya untuk menghindari modal kerja negatif serta mengatasi kenaikan biaya tenaga kerja. Serta pihak pemerintah dapat mendukung sektor farmasi melalui kebijakan dan regulasi yang memberikan insentif riset, bantuan keuangan, dan akses pasar. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan beberapa model prediksi ancaman kebangkrutan. Dengan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan mendukung pertumbuhan sektor farmasi secara keseluruhan. Kata Kunci: Kebangkrutan, Altman Z-Score

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:39
Last Modified: 31 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64445

Actions (login required)

View Item View Item