Viona, Viona (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Survei Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Airgegas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan utama: pertama, untuk memahami kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah dalam konteks pembelajaran PPKn pascapandemi Covid-19; kedua, untuk mengevaluasi peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mentaati tata tertib sekolah pasca-pandemi Covid-19; ketiga, untuk mengidentifikasi hambatan yang mencegah siswa mentaati tata tertib sekolah setelah pandemi Covid-19; dan terakhir, untuk menemukan solusi yang efektif bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pasca-pandemi Covid-19. Motivasi di balik penelitian ini adalah kekhawatiran peneliti tentang kurangnya kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah, serta peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran ini, mengingat pembelajaran PPKn mengandung aplikasi nilai-nilai Pancasila yang bertujuan membentuk warga negara yang baik. Hasil penelitian mencakup: (1) Dari hasil angket, respons siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kesadaran mentaati tata tertib sekolah sangat positif, dengan skor 100%. (2) Dari angket, peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mentaati tata tertib sekolah dihargai sangat baik, dengan skor 96%. (3) Berdasarkan angket, 85% menunjukkan ada hambatan yang mencegah siswa mematuhi tata tertib sekolah. (4) Dari angket, ada solusi yang efektif dalam mengatasi masalah siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, dengan skor 96%. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran PPKn dan Tata Tertib Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64426 |
Actions (login required)
View Item |