PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Survei Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Airgegas)

Viona, Viona (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Survei Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Airgegas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan utama: pertama, untuk memahami kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah dalam konteks pembelajaran PPKn pascapandemi Covid-19; kedua, untuk mengevaluasi peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mentaati tata tertib sekolah pasca-pandemi Covid-19; ketiga, untuk mengidentifikasi hambatan yang mencegah siswa mentaati tata tertib sekolah setelah pandemi Covid-19; dan terakhir, untuk menemukan solusi yang efektif bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pasca-pandemi Covid-19. Motivasi di balik penelitian ini adalah kekhawatiran peneliti tentang kurangnya kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah, serta peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran ini, mengingat pembelajaran PPKn mengandung aplikasi nilai-nilai Pancasila yang bertujuan membentuk warga negara yang baik. Hasil penelitian mencakup: (1) Dari hasil angket, respons siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kesadaran mentaati tata tertib sekolah sangat positif, dengan skor 100%. (2) Dari angket, peran guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mentaati tata tertib sekolah dihargai sangat baik, dengan skor 96%. (3) Berdasarkan angket, 85% menunjukkan ada hambatan yang mencegah siswa mematuhi tata tertib sekolah. (4) Dari angket, ada solusi yang efektif dalam mengatasi masalah siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, dengan skor 96%. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran PPKn dan Tata Tertib Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:40
Last Modified: 28 Jul 2023 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64426

Actions (login required)

View Item View Item