ANALISIS STRATEGI KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATAN KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi Pasien Rawat Jalan Hemodialisis)

RIFQI KIRANA, IQBAL (2023) ANALISIS STRATEGI KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATAN KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi Pasien Rawat Jalan Hemodialisis). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal Tesis Iqbal Rifqi Kirana.docx

Download (113kB)

Abstract

Hemodialisis termasuk layanan kesehatan yang paling dibutuhkan saat ini. Salah satu penyedia layanan kesehatan hemodialisis di Kota Jambi adalah Rumah Sakit dr. Bratanata. Saat ini, rumah sakit mengalami kasus overload pasien penanganan hemodialisis. Idealnya rasio 2 dokter umum pelaksana harian dalam menangani pasien setiap adalah 300-500 tindakan. Namun, hampir setiap bulan rumah sakit menangani kasus hemodialisis lebih dari 500 tindakan. Kasus penanganan pasien yang overload membuat kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien mengalami fenomena gunung es. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kualitas pelayanan dan kinerja pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit saat ini, hambatan yang terjadi, dan strategi pelayanan kesehatan yang ideal dalam meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mewawancari 5 orang informan, yang terdiri dari Wakil Kepala Rumah Sakit, Komite Mutu, dan 3 orang pasien. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa rumah sakit pada pelayanannya sudah menerapkan kredensial pada tenaga medis yang dimiliki, menerapkan manajemen tenaga paramedis, penempatan CCTV, membuat kebijakan tenggang waktu pelayanan maksimal, menerapkan kebijakan sertifikasi hemodialisis pada seluruh tenaga kesehatan, memberikan pendidikan dan pelatihan lebih lanjut, menerapkan tindakan profiling ketika berhadapan dengan pasien, membangun gedung baru, menambah alat hemodialisis, formularium obat-obatan, meningkatkan sejumlah fasilitas, dan menggunakan pihak ketiga dalam mengelola kebersihan dan pemeliharaan alat hemodialisis. Kinerja pelayanan kesehatan secara umum sudah dinilai baik walaupun terdapat sejumlah hambatan dimulai dari kurangnya finger print khusus pasien hemodialisis hingga keterbatasan lahan parkir. Oleh karena itu, rumah sakit sebaiknya menerapkan strategi agresif konsentrasi vertikal dan konsentrasi horishontal sebagai strategi pelayanan kesehatan rumah sakit ke depannya. Kata Kunci: overload, konsentrasi horishontal, konsentrasi vertikal, dan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:07
Last Modified: 28 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64416

Actions (login required)

View Item View Item