EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARANJARAK JAUH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILADAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP SUMATRA 40 Bandung)

HIDAYAT, RACHMATUL LUTFI, 175010021 (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARANJARAK JAUH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILADAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP SUMATRA 40 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah merupakan alat kebijakan publik terbaik sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan skill. Selain itu banyak siswa menganggap bahwa sekolah adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, mereka bisa berinteraksi satu sama lain. Sekolah dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kesadaran kelas sosial siswa. Sekolah secara keseluruhan adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan integensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi sekarang kegiatan yang bernama sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan COVID-19. Melalui aplikasi Google Classroom dianggap bahwa tujuan pembelajaran akan lebih mudah direalisasikan dan sarat kebermaknaan. Oleh karena itu, penggunaan Google Classroom ini sesungguhnya mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada siswa terlebih lagi dengan system pembelajaran jarak jauh. Terdapat beberapa permasalahan atau kerdala yang dihadapi oleh peseta didik pada pelaksanaan permbelajaran jarak jauh, seperti motivasi dalam belajar dan kurangnya pengalaman dalam belajar. Dengan tidak ada interaksi secara langsung memberikan dampak pada peserta didik, yaitu kurangnya pemahaman secara mandiri. Karena sistem pembelajaran jarak jauh menitikberatkan kepada peserta didik untuk berfikir secara mandiri. Pembelajaran jarak jauh memberikan kelonggaran dalam belajar, tidak adanya guru secara langsung ditempat, terkadang peserta didik acuh terhadap pembelajaan yang sedang berlangusung dan akan berdampak pada pemahaman materi. Kurangnya interaksi yang efektif, minimnya pengorganisasian merupakan salah satu yang menjadi kendala pembelajaran jarak jauh, pembelajaran jarak jauh yang efektif tentu harus didukung dengan konten yang diberikan, fasilitas koneksi internet serta perhatian dan ketersediaan yang cukup besar. Oleh karena nya Peneliti melakukan penelitian dengan judul Efektivitas Aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik yang tentunya ingin meneliti seberapa efektivitas nya penggunaan aplikasi Google Classroom pada pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar, Google Classroom

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:02
Last Modified: 28 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64412

Actions (login required)

View Item View Item