KAJIAN SOSIOLOGI DALAM BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG KARYA TJAHJA GUNAWAN DIREDJA, DAN RELEVANSINYA DENGAN BAHAN AJAR DI SMK BERDASARKAN KURIKULUM 2013

FEBRIANI, RINI (2023) KAJIAN SOSIOLOGI DALAM BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG KARYA TJAHJA GUNAWAN DIREDJA, DAN RELEVANSINYA DENGAN BAHAN AJAR DI SMK BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
(Rini Febriani) Jurnal.docx

Download (40kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengkaji aspek sosiologi dalam biografi novel Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja; 2) Mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja; 3) Mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam novel Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja serta relevansinya dengan bahan ajar di SMK berdasarkan kurikulum 2013; 4) Menyusun buku pengayaan teks biografi di SMK berdasarkan hasil temuan dan pembahasan dari penelitian ini. sementara itu, melalui paradigma penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan sumber novel Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja. Selanjutnya teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data dan teknik dokumentasi dan teknik analisis data dengan teknik deskriptif. Berkaitan dengan langkah kerja praktik kajian sosiologi sastra, maka teks novel dianalisis menggunakan teori : 1) struktur faktual cerita menurut Robert Stanton, 2) teori sosial marxis Hasil dari penelitian ini berupa, 1) stuktur novel biografi Chairul Tandjung si Anak Singkong adalah pengaluran campuran, jumlah tokoh sebanyak 9 tokoh, dan latar terdiri dari 5 ruang gerak dan 40 tempat ruang statis dengan penyebutan keterangan waktu terbanyak adalah siang hari, 2) kajian sosial yang terdiri dari lima aspek yaitu aspek sosial, ekonomi, etika, keluarga, dan hukum, 3) buku pengayaan pengetahuan teks biografi berhasil disusun dengan memanfaatkan hasil temuan dan pembahasan dari penelitian ini. Kata Kunci : sosiologi sastra, novel, biografi, kajian sosiologi sastra dan buku pengayaan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:23
Last Modified: 27 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64409

Actions (login required)

View Item View Item