PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN PESERTA DIDIK

Ulfah, Siti Mariam Juwaeni and Sunata, Sunata PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_Siti Mariam Juwaeni Ulfah_.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman bacaan peserta didik materi pemilahan sampah dan karya seni rupa daerah dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Quizizz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 036 Ujungberung Kecamatan Ujungberung Kota Bandung yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tertulis berupa instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal, dan teknik non tes berupa instrumen lembar observasi terkait indikator pemahaman bacaan, dan lembar angket terkait respon peserta didik dan respon observer. Pada kondisi awal (pra-siklus) persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 18% (5 peserta didik), dengan rata-rata nilai 50. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 71% (20 peserta didik), dengan rata-rata nilai 75. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 86% (24 peserta didik), dengan rata-rata nilai 90. Berdasarkan hasil observasi selama proses pembelajaran pada siklus I dan II, peserta didik sudah menunjukan kemampuan menangkap arti kata dalam bacaan, kemampuan menangkap makna tersirat dan tersurat, dan kemampuan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis lembar angket, terdapat respon positif dari peserta didik maupun observer terhadap diterapkannya model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media quizizz dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan peserta didik. Kata Kunci: Pemahaman Bacaan, Project Based Learning (PjBL), Media Quizizz

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:49
Last Modified: 26 Jul 2023 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64394

Actions (login required)

View Item View Item