PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERRBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Inayati, Rahmi and Sunata, Sunata PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERRBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_Rahmi Inayati_.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan proses pembelajaran pada kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) kelas V di SDN 3 Mekarmukti pada pelajaran matematika dari 15 siswa hanya 6 siswa atau sekitar 40% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 57,4. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Mekarmukti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dimulai dari pra siklus, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan media konkret. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil evaluasi yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 10 dari 15 siswa atau 66,67% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 70. Pada siklus II 13 dari 15 siswa atau 86,67% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 84,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media konkret mampu meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Media Konkret

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:44
Last Modified: 26 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64392

Actions (login required)

View Item View Item