Janidiati, Herlia and Sunata, Sunata (2023) MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.
|
Text
PTK_HerliaJanidiati_.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan model Problem Based Learning berbantuan Media Powerpoint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimulai dengan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian yaitu 25 peserta didik kelas 5 SDN Sepanjang Jaya III Kota Bekasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus 1 sebanyak 17 dari 25 peserta didik atau 68% mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 74,8. Pada Siklus 2 sebanyak 22 dari 25 peserta didik atau 88% peserta didik mencapai KKM dengan nilai rata-rat 83,6. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media powerpoint mampu meningkatkan pemahaman membaca peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Membaca pemahaman, Powerpoint
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64391 |
Actions (login required)
View Item |