PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Sulastyana, Erma and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Penelitian tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_ERMASULASTYANA_FIX.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik melalui peranan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-DiscussExplain-Create) berbantuan media flipbook. Rendahnya kemampuan membaca siswa salah satunya disebabkan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guru harus mampu menentukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin.yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimulai dengan prasiklus, siklus 1 ,dan siklus 2. Subjek penelitian yaitu 22 (dua puluh dua) peserta didik kelas 3 SDN 036 Ujungberung Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar Pra siklus menunjukkan 45% peserta didik tuntas dan 55% tidak tuntas, siklus-I terdapat 68% tuntas dan 32% tidak tuntas, serta siklus-II terdapat 100% tuntas dan 0% tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca peserta didik kelas 3. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum model pembelajaran RADEC meningkatkan aktivitas belajar siswa. Siswa lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan berbagai sintaknya. Selain itu, model pembelajaran RADEC mendukung kemampuan membaca pemahaman siswa pada saat proses pengimplementasiannya. Dengan sintaknya Read, kemampuan membaca pemahaman siswa akan terlatih dan memperluas informasi atau wawasan siswa sebelum menerima materi pelajaran. Model pembelajaran RADEC ini cocok untuk keadaan peserta didik di Indonesia yang tingkat literasi membacanya rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Dengan pembiasaan melakukan kegiatan membaca sebelum proses pembelajaran dapat meningkatkan minat baca siswa. Keywords: Membaca, Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran, RADEC.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:36
Last Modified: 26 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64390

Actions (login required)

View Item View Item