PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Retnawati, Dewi and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_DEWI RETNAWATI_FIX.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang terdiri dari 17 peserta didik, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 Sekolah Dasar Negeri Babatan Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes secara tertulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 35% (6 peserta didik), dengan rata-rata nilai 61. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 71% (12 peserta didik), dengan rata-rata nilai 70,5. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 94% (16 peserta didik), dengan rata-rata nilai 84,7. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Problem Based Learning, Audio Visual.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:17
Last Modified: 26 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64384

Actions (login required)

View Item View Item