ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU LULUSAN SMK DAN KEMITRAAN DENGAN DUNIA KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survey pada SMK Swasta di Wilayah Ciayumajakuning )

ARDALI, ADANG (2023) ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU LULUSAN SMK DAN KEMITRAAN DENGAN DUNIA KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survey pada SMK Swasta di Wilayah Ciayumajakuning ). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Adang_DIM Jurnal)_final.doc

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya fenomena yang ada dimana kinerja guru belum optimal sehingga mutu lulusan SMK swasta di wilayah Ciayumajakuning pada saat ini masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja guru serta implikasinya terhadap mutu lulusan SMK dan kemitraan dengan dunia kerja pada SMK swasta di wilayah Ciayumajakuning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan ialah proportionate stratified sampling dengan sampel sebanyak 380 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan faktor kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan iklim organisasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru. Secara parsial iklim organisasi memiliki pengaruh paling dominan dibanding yang lainnya. dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap mutu lulusan SMK, serta kemitraan SMK dengan dunia kerja memperkuat pengaruh kinerja guru terhadap mutu lulusan. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Iklim Organisasi, Kinerja Guru, Kemitraan dengan Dunia Kerja, Mutu Lulusan SMK

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:42
Last Modified: 24 Jul 2023 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64352

Actions (login required)

View Item View Item