ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN INFORMASI, LITERASI DATA, KOMUNIKASI, KOLABORASI, KEAMANAN DIGITALISASI DAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MGMP SMP KOMISARIAT SUBANG

Insan Kamil, Ismail (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN INFORMASI, LITERASI DATA, KOMUNIKASI, KOLABORASI, KEAMANAN DIGITALISASI DAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MGMP SMP KOMISARIAT SUBANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Ismail Insan Kamil.docx

Download (109kB)

Abstract

Pentingnya kemampuan literasi digital yang harus dimiliki oleh guru sebagai upaya dalam mengatasi problematika pendidikan terutama mengikuti arus perkembangan teknologi yang masuk kedalam beragam aspek tidak terkecuali dunia pendidikan. Aspek literasi digital yang masih tergolong baru banyak aspek yang mesti diperhatikan dan diperbaiki. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan literasi digital guru dalam hal penggunaan informasi, literasi datas, komunikasi, kolaborasi, keamanan digitalisasi serta menggunakan teknologi digital. Penelitian dilakukan terhadap sampel para guru di MGMP SMP Komisariat Subang dengan sampel sebanyak 20 guru melalui instrumen kuesioner, wawancara dan observasi dengan menerapkan metode campuran (mix method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kemampuan menggunakan informasi dan literasi data sudah sangat baik meskipun masih ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan dalam menyimpan data, informasi dan konten pembelajaran dalam media digital, 2) tingkat kemampuan menggunakan komunikasi dan kolaborasi sudah baik meskipun masih ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan berinteraksi melalui berbagai perangkat komunikasi digital dalam pembelajara baik sesama guru maupun dengan siswa, 3) tingkat kemampuan menggunakan sistem keamanan sudah baik meskipun masih ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan mereport atau melaporkan penyalahgunaan terkait konten negatif yang merugikan di media sosial serta kemampuan menggunakan aplikasi/software untuk menemukan dan meghapus virus di komputer atau handphone, 4) tingkat kemampuan menggunakan teknologi sudah sangat baik meskipun ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan menghubungkan perangkat kerja ke jaringan wifi. Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Guru, Literasi Digital, Penelitian Mix Methode.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:26
Last Modified: 21 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64324

Actions (login required)

View Item View Item