Asti, Ratih Widia and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.
|
Text
PTK_RATIH WIDIA ASTI.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media konkret pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dari mulai pra siklus, siklus I dan diakhiri dengan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 3 Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes secara tertulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Hasil penelitian menunjukkan pada awal penelitian (Pra-siklus) persentase peserta didik memperoleh nilai diatas KKM 75 adalah 41,66% (5 orang ). Setelah diberikan tindakan kelas pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media konkret presentase peserta didik memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 75 % (9 orang). Pada siklus ke II peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 91.67 % ( 11 orang). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Kata Kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika, Media Konkret
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64298 |
Actions (login required)
View Item |