PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sari, Meyda Purnama and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_Meyda Purnama Sari.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi nilai ulangan harian peserta didik kelas V-B di SDN Citimun II pada pelajaran matematika dari 16 peserta didik hanya 7 peserta didik atau sekitar 43,75% yang mencapai KKM dengan nilai ratarata kelas 67,5. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V-B SDN Citimun II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dimulai dari pra siklus, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan media power point. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 11 dari 16 peserta didik atau 68,75% peserta didik mencapai KKM dengan nilai ratarata kelas 70. Pada siklus II 14 dari 16 peserta didik atau 87,5% peserta didik mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media power point mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Power Point

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:24
Last Modified: 17 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64297

Actions (login required)

View Item View Item