PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Hanipah, Eva Nurul and Sunata, Sunata PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_Eva Nurul Hanipah.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Audio Visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 yang terdiri dari 17 peserta didik, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 Sekolah Dasar Negeri 3 Jabranti Kecamatan Karangkancana Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes secara tertulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 67, dan siklus II dengan nilai rata-rata 83 artinya penilaian kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas meningkat atau berhasil. Begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus I nilai yang diperoleh 35% dengan nilai rata-rata 75, dan pada siklus II nilai yang diperoleh 82% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Project Based Learning, Audio Visual.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:20
Last Modified: 17 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64296

Actions (login required)

View Item View Item