PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Agustia, Dita Hasti and Sunata, Sunata PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Model Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_Dita Hasti Agustia.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas, didapatlah nilai peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Sejumlah 5 orang peserta didik mencapai nilai KKM dan nilai 10 orang peserta didik lainnya masih di bawah KKM. Berdasarkan karakteristik peserta didik di kelas, maka diperlukan penerapan model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mancagar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah peserta didik 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 60% sejak tahap pra siklus hingga siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media audio visual, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:08
Last Modified: 17 Jul 2023 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64294

Actions (login required)

View Item View Item