PEMBELAJARAN MENGANALISIS PUISI BERFOKUS PENGGUNAAN MAJAS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP BUNGA BANGSA TAHUN AJARAN 2022/2023

Septiana, Mia (2023) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PUISI BERFOKUS PENGGUNAAN MAJAS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP BUNGA BANGSA TAHUN AJARAN 2022/2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL_MIA_198090019.docx

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Bunga Bangsa Bandung dengan tujuan mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis puisi berfokus penggunaan majas. Khususnya majas perbandingan yang terdapat dalam puisi. Menganalisis merupakan kegiatan yang membutuhkan keterampilan berpikir kritis. Agar kererampilan berpikir kritis dapat digunakan saat menganalisis puisi yang berfokus pada penggunaan majas. Penulis menerapkan model crative problem solving yang dirasa tepat serta efektif dalam pembelajaran tersebut. Dalam penelitian ini, penulis membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menganalisis puisi berfokus penggunaan majas dengan model creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII SMP Bunga Bangsa tahun ajaran 2022/2023. Penulis menggunakan dua tes dalam proses penelitian ini di antaranya, tes awal atau prates dan tes akhir pascates. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis meliputi, observas, tes, kajian Pustaka, dan uji coba. Hasil yang didapatkan penulis dalam melakukan penelitian ini kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS IBM Statistic 26. Nilai yang diperoleh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yakni, 2,7. Pembelajaran menganalisis puisi berfokus penggunaan majas dengan model creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII SMP Bunga Bangsa tahun ajaran 2022/2023 mengalami perubahan dari nilai rata-rata awal 2.50 dan rata-rata akhir 12.93 artinya model creative problem solving efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran menganalisis pengguanaan majas pada puisi. Kata Kunci: Menganalisis puisi, majas perbandingan, model CPS, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:54
Last Modified: 12 Jul 2023 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64268

Actions (login required)

View Item View Item