Firdausijah, R. Taqwaty (2023) PENGARUH PEMBERDAYAAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA BANDUNG. Disertasi(S3) thesis, FISIP UNPAS.
Text
dalil_disertasi.docx Download (11kB) |
|
Text
katapengantar_disertasi.doc Download (34kB) |
|
Text
cover disertasi.doc Download (103kB) |
|
Text
daftarpustaka_disertasi.doc Download (48kB) |
|
Text
lembarpengesahan_disertasi.doc Download (25kB) |
|
Text
daftarisi_disertasi.doc Download (67kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (32kB) |
|
Text
BAB I_disertasi.rtf Download (202kB) |
|
Text
BAB II_disertasi.docx Download (100kB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan Otonomi Daerah dengan titik berat pada Daerah Tingkat II seperti yang dikemukakan dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, salah satu tujuannya adalah untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan air bersih. Hingga saat ini masih terjadi kesenjangan antara harapan masyarakat akan kualitas pelayanan air bersih (das sollen) dengan kualitas pelayanan air bersih yang diberikan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung (das sein). Meskipun permintaan air bersih terus meningkat namun tidak serta merta diimbangi dengan kualitas pelayanan. Atas dasar itu perlu diupayakan penanggulangannya, sebab bila tidak merupakan suatu kerugian bagi Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang penyebab rendahnya kualitas pelayanan air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung dan memperoleh konsep baru tentang pemberdayaan pegawai dan kualitas pelayanan. Secara teoritis, faktor determinan yang diidentifikasi sebagai penyebab rendahnya kualitas pelayanan air bersih adalah pemberdayaan pegawai. Untuk itu dirumuskan hipotesis yang akan diuji sebagai berikut : Besarnya pengaruh pemberdayaan pegawai terhadap kualitas pelayanan air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung ditentukan oleh pelaksanaan dimensi-dimensi pemberdayaan pegawai meliputi envision, educate, eliminate, express, enthuse, equip, evaluate, dan expect. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimaksudkan untuk melakukan pengujian hipotesis serta untuk melakukan interpretasi secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan air bersih. Pengaruh pemberdayaan pegawai terhadap kualitas pelayanan air bersih ditentukan oleh pelaksanaan dimensi envision, educate, eliminate, express, enthuse, equip, elevate, dan expect. Konsep baru dari penelitian ini bahwa pemberdayaan pegawai adalah upaya memberi kemampuan kepada pegawai agar berdayaguna dalam pencapaian tujuan organisasi dengan melibatkan pegawai dalam mengembangkan visi bersama, memberikan kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan, menciptakan iklim kerja yang kondusif, menerapkan reward and punishment system, menerapkan E-Government, dan melakukan penilaian kerja.
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | S3-Disertasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2011 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64264 |
Actions (login required)
View Item |